Selasa, 28 Agustus 2012

Spesifikasi Kapal Tanker


1. KONSTRUKSI KAPAL TANKER
      • Jenis Konstruksi ( memanjang / campuran )
      • Geladak (Chamber, Oil tighy hatchway, Open Rail, Flying Bridge)
2. LETAK KAMAR MESIN
      • Posisi dibelakang (Kebakaran, Tanpa Terowongan Poros)
3. RUANG MUAT
      • Double bottom + Double Hull ( IMO, JULI 1993)
      • Panjang Ruang Muat
        a. GL 1982 : 0,1 L atau 15 m (diambil yang terbesar)
        b. International Convention for the Prevention of Pollution)
                TANPA SEKAT MEMANJANG : 0,1 L
                1 SEKAT MEMANJANG : 0,15 L
                2 SEKAT MEMANJANG : 0,2 L
      • Kapasitas Tangki
        a. Expantion (2 %), untuk menampung penguapan muatan
        b. Slooptank (3 %), untuk menampung sementara sisa-sisa sebelum dibuang
      • TANGKI BALLAST (DWT ≥ 70.000 TON, MARPOL 1973)
        a. Sarat ballast : dm = 2,0 + 0,02 L (meter)
        b. Trim by stern : ≤ 0,015 L
      • Cofferdam
4. SISTEM BONGKAR MUAT
      • Sistem Pipa (Main Lines & Stripping Lines = 25%)
      • Sistem Jaringan Pipa (Ring Lines, Dirrect Lines & Free Flow System)
5. SISTEM-SISTEM KHUSUS
      • Vent Stock / Vapour Lines
      • Inert Gas System
      • Pembersihan Ruang Muat (Menghambat Korosi)
        Air laut (1000C) dan tekanan (10 ~ 20) atm
      • PEMANASAN MUATAN (STEAM HEATING COIL)
        a. Dimater : (50 ~ 70) mm
        b. Tekanan : (2 ~ 7) kg/cm2
        c. Kebutuhan pemanasan : Viskositas normal : 0,05 m2 / m3
  Viskositas tinggi : 0,175 m2 / m3
        d. Material : mild steel, cast iron, metal alloy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar