Selasa, 28 Agustus 2012
Spesifikasi Kapal Tanker
1. KONSTRUKSI KAPAL TANKER
• Jenis Konstruksi ( memanjang / campuran )
• Geladak (Chamber, Oil tighy hatchway, Open Rail, Flying Bridge)
2. LETAK KAMAR MESIN
• Posisi dibelakang (Kebakaran, Tanpa Terowongan Poros)
3. RUANG MUAT
• Double bottom + Double Hull ( IMO, JULI 1993)
• Panjang Ruang Muat
a. GL 1982 : 0,1 L atau 15 m (diambil yang terbesar)
b. International Convention for the Prevention of Pollution)
TANPA SEKAT MEMANJANG : 0,1 L
1 SEKAT MEMANJANG : 0,15 L
2 SEKAT MEMANJANG : 0,2 L
• Kapasitas Tangki
a. Expantion (2 %), untuk menampung penguapan muatan
b. Slooptank (3 %), untuk menampung sementara sisa-sisa sebelum dibuang
• TANGKI BALLAST (DWT ≥ 70.000 TON, MARPOL 1973)
a. Sarat ballast : dm = 2,0 + 0,02 L (meter)
b. Trim by stern : ≤ 0,015 L
• Cofferdam
4. SISTEM BONGKAR MUAT
• Sistem Pipa (Main Lines & Stripping Lines = 25%)
• Sistem Jaringan Pipa (Ring Lines, Dirrect Lines & Free Flow System)
5. SISTEM-SISTEM KHUSUS
• Vent Stock / Vapour Lines
• Inert Gas System
• Pembersihan Ruang Muat (Menghambat Korosi)
Air laut (1000C) dan tekanan (10 ~ 20) atm
• PEMANASAN MUATAN (STEAM HEATING COIL)
a. Dimater : (50 ~ 70) mm
b. Tekanan : (2 ~ 7) kg/cm2
c. Kebutuhan pemanasan : Viskositas normal : 0,05 m2 / m3
Viskositas tinggi : 0,175 m2 / m3
d. Material : mild steel, cast iron, metal alloy
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar